7 Langkah Agar Pembeli Rela Menulis Review Produk Anda

cara mendapatkan review pembeli

Review produk, atau testimoni pembeli, adalah alat penjualan yang harus dimiliki toko online. Salah satu alat untuk mengetahui kualitas produk anda, apakah layak dibeli atau tidak.

Saya sendiri selalu mengamati review dari orang yang sudah membeli, sebelum saya memutuskan untuk membeli barang tersebut.

Lebih dari 70% konsumen melihat ulasan produk sebelum melakukan pembelian, dan hampir 63% dari mereka cenderung membeli dari situs yang memiliki produk berperingkat dan review.

Bukti sosial sangat besar pengaruhnya, dapat meyakinkan calon pembeli yang awalnya ragu-ragu dan memastikan pembeli puas dengan barang yang mereka beli.

Banyaknya testimoni positif tentu akan mendorong lebih banyak penjualan, dan membuktikan bahwa produk yang anda jual memang berkualitas dan layak diburu.

Apalagi produk yang mahal, tentu calon pembeli akan memperhatikan review produk sebelumnya. Tapi bukan sembarang review.

Anda bisa saja membayar orang untuk menuliskan testimoni. Tapi sedalam apapun kebohongan disimpan, pasti orang akan mengetahuinya. Pahitnya lagi jika mesin pencari mengindikasi bahwa situs anda adalah situs penipuan, tentu akan lebih rumit lagi urusannya.

Bagaimana meningkatkan review produk?


#1. Letakkan review ditengah halaman utama

 

Menempatkan review pada homepage akan mudah terlihat oleh pengunjung, dan mendorong mereka untuk melihat review yang lain.

Review yang ditempatkan di halaman utama toko online umumnya bersifat umum tentang toko online anda, bukan tentang item khusus yang anda jual.

Anda dapat membuat form khusus untuk hal ini, atau ika anda memiliki review untuk item tertentu, ada bisa menempatkannya pada setiap halaman item tersebut

Coba lihat Jagoan Hosting yang menempatkan review pada halaman utama situs. Tidak hanya itu, mereka juga mencantumkan link tweet untuk memastikan review yang diberikan valid.

contoh review produk

#2. Follow up setelah melakukan pembelian

 

Anda perlu menunggu untuk mengirimkan email tentang hal ini. Berikan pembeli jeda waktu 3-6 hari setelah melakukan pembelian, sebelum anda meminta mereka untuk memberikan review dari produk yang mereka beli.

Pembeli membutuhkan waktu yang cukup untuk melihat, memakai dan menilai. Jangan sampai anda terkesan memaksa mereka untuk memberikan review.

Dengan cara ini, kemungkinan besar mereka akan rela memberikan komentar tentang produk yang mereka beli.


#3. Berikan panduan dan permudah

 

Terkadang pembeli bingung bagaimana caranya memberikan review. Tugas anda adalah memandu mereka.

Anda dapat membuat form khusus pembeli menuliskan review. Pastikan form memuat nama dan akun sosial seperti facebook atau twitter.

Permudah pembeli dengan membuat opsi seperti :
> Menuliskan di halaman khusus untuk menuliskan revew, atau
> Posting di akun sosial pembeli dengan mention toko online anda


#4. Hubungi mereka yang meninggalkan review positif

 

Jika anda menerima komentar positif, selamat anda telah mendapatkan kepercayaan dari pembeli. Tapi tidak cukup hanya dengan membalas “terimakasih, kami tunggu order selanjutnya”

Itu terkesan memaksa mereka untuk membeli lagi dan lagi. Berikan mereka penghargaan dan jalin komunikasi yang baik dengan pembeli.

Anda bisa membuat posting di akun sosial anda dengan mention pembeli dan mengucapkan terimakasih. Dengan cara ini, pembeli akan merasa dihargai dan dihormati dan kemungkinan besar mereka akan membeli produk lain di toko online anda, tanpa anda memintanya.

Karena mempertahankan pelanggan lebih sulit daripada mendapatkan pelanggan baru.


#5. Jangan abaikan komentar negatif

 

Ulasan negatif sangat mungkin didapatkan oleh toko online apapun. Bahkan toko online besar pun sering mendapatkan komentar negatif jika memang produk yang mereka terima ternyata mengecewakan.

Cobalah untuk menganggapi komentar negatif, terutama jika yang pembeli keluhkan memang sesuai dengan keadaan.

Itu berarti anda aktif menanggapi setiap keluhan pembeli dan memberikan solusi untuk mengatasi masalah. Kesempatan ini dapat anda manfaatkan untuk belajar dari konsumen dan meningkatkan bisnis anda.


#6. Mention mereka di media sosial

 

Ketika anda posting di media sosial, mention mereka yang sudah memberikan review dan yang belum memberikan review tentang produk yang mereka beli.

Cara yang bisa anda gunakan untuk mendorong mereka memberikan komentar dengan sopan, tanpa paksaan dan lebih menghormati pembeli.


#7. Berikan reward

 

Gunakan ini sebagai jalan terakhir. Kebanyakan pembeli memberikan review tanpa reward, tetapi reward dapat memotivasi mereka meningggalkan komentar.

Memberikan bonus dapat dijadikan strategi marketing yang bagus. Sesuatu yang gratis tentu diinginkan setiap orang.

Misalnya dengan cara:
> Memberikan voucher diskon 50% untuk produk baru
> Memberikan produk secara gratis
> Memberikan gratis ongkos kirim untuk pembelian selanjutnya

Cara ini akan menambah minat pembeli menuliskan review karena memberikan keuntungan untuk pembeli dan toko online anda.

Pembeli yang puas cenderung akan menceritakan ke temannya. Semakin banyak orang membicarakan toko online anda, semakin baik reputasi toko online anda.

0 comments: