Deskripsi Produk Unik Memicu Pengunjung Cepat Klik BELI

deskripsi produk meningkatkan penjualan

Percaya atau tidak, kata-kata yang digunakan untuk menggambarkan produk anda akan membuat atau menghancurkan penjualan. Tentu saja deskripsi produk bukan satu-satunya pemicu penjualan, tetapi hal ini memiliki peran sangat penting ketika berbicara tentang toko online.

Sebuah deskripsi yang baik dapat:
>  Menciptakan hubungan emosional dengan calon pembeli
>  Membuat pengunjung anda lebih cepat mengambil tindakan "Add to Chart"
>  Meningkatkan konversi penjualan secara signifikan

Deskripsi produk sangat penting untuk dua hal, konsumen dan mesin pencari.

Sayangnya, masih banyak kita temukan situs toko online yang belum memiliki deskripsi produk yang baik untuk kedua hal itu. Atau bahkan tidak mencantumkan deskripsi produk .

Jika anda memiliki kata-kata untuk menggambarkan sesuatu, tentu anda akan bisa membuat deskripsi produk layaknya anda bertemu orang baru dan anda menawarkan sebuah produk.

Jangan lupa dengan mesin pencari, mereka robot bukan manusia. Peran deskripsi produk memudahkan mereka menemukan situs anda (karena mesin pencari tidak bisa membaca gambar, kecuali dengan "alt tag"), dan mereka menuntun pengunjung ke toko online anda hanya jika situs anda pantas untuk dikunjungi.

Jika mesin pencari tidak mendapatkan cukup informasi, bagaimana mungkin mereka akan mengunjungi situs anda? Google contohnya, mungkin akan memberikan penghargaan dengan peringkat rendah.

Buat Layaknya Orang Berkomukasi


Pikirkan deskripsi produk sebagai asisten penjualan di toko offline. Mereka ada untuk membimbing, membantu memilih produk dan menjawab semua pertanyaan. Seorang asisten yang baik memberitahu segala sesuatu tentang produk dan menggunakan kata-kata yang baik untuk meyakinkan, hingga akhirnya terjadi pembelian.

Sama halnya deskripsi dalam toko online, bukan sekedar pelengkap atau pemanis etalasi produk. Deskripsi adalah asisten penjualan anda dalam dunia maya, sama dengan asisten dalam offline, bedanya hanya berupa kata-kata tertulis.

Peran anda adalah menulis kata-kata yang menarik yang akan menarik pengunjung untuk membeli produk anda. Tapi pada kenyataannya tidak semudah itu.

Jika anda beranggapan produk yang anda tawarkan sederhana, anda mungkin tidak dapat membuat deskripsi yang panjang. Deskripsi produk yang baik bukan berdasar jumlah kata.

Deskripsi produk yang baik adalah informasi yang akurat tentang sebuah produk, dan meyakinkan pengunjung untuk membeli.

Lihat gambar ini. Apa yang bisa dituliskan dari handuk sederhana?

membuat deskripsi produk menarik

Handuk sederhana dapat digambarkan dengan deskripsi yang menarik. Apakah anda memikirkan tentang hal ini sebelumnya? Zappos mengubah pikiran anda.

Sesederhana apapun produk anda, anda bisa membuatnya menjadi spesial dimata pengunjung hanya dengan deskripsi produk.

Jika anda berpikir bahwa produk anda "hanya" sederhana dimata anda, anda tidak akan pernah bisa menulis deskripsi yang menarik untuk orang lain, pikirkan tentang hal itu.

Membuat deskripsi unik membuat dampak positif pada penjualan anda, menambah nilai toko online anda. Dan yang paling penting membantu pengunjung dalam proses pengambilan keputusan.

Apalagi jika anda menjual produk dengan harga diatas 1 juta, sebelum mengeluarkan uang sebesar itu, tentunya pengunjung akan mencari tahu semua informasi dengan membaca deskripsi produk terlebih dahulu

contoh deskripsi produk buruk

Lihat gambar diatas. Terlalu singkat untuk produk mahal. Gambar juga terkesan seadanya.

Mengeluarkan uang 2 juta untuk sebuah shower butuh pertimbangan yang matang, menurut saya.

Jika anda belum mengatahui bagaimana membuatnya, anda bisa mengikuti langkah ini ketika membuat deskripsi produk untuk toko online anda.


#1.  Gunakan bahasa sesuai target audiens


Pertama yang anda lakukan adalah memahami orang yang akan membaca deskripsi anda. Target audiens bisa meliputi jenis kelamin (pria atau wanita), kelompok umur (anak-anak, sekolah, kuliah, orang tua), gaya hidup (ibu muda, penggemar otomotis, pecinta seni) dan kelompok tertentu sesuai target yang anda inginkan.

Dengan demikian, pengetahuan audiens target anda adalah kunci penulisan deskripsi yang efektif. Memiliki persona pemasaran yang spesifik akan membantu anda menulis deskripsi yang lebih personal yang akan menarik pelanggan anda.

Audiens persona adalah target yang lebih spesifik.

Contoh : 
Jika anda menjual produk kecantikan, tentu target pasarnya adalah wanita. Buat deskripsi untuk orang yang lebih spesifik, seperti :
>  wanita karir dengan satu anak
>  bekerja 8 jam sehari
>  selalu dituntut tampil menarik
>  umur 25 - 35 tahun

Dengan menentukan audiens yang tepat, anda bisa lebih fokus untuk menuliskan deskripsi dan menjual produk ke orang yang tepat.

Jika anda tidak mempunyai audiens persona, anda dapat mencoba memikirkan kata-kata apa yang khas digunakan orang untuk menggambarkan sebuah produk.


#2.  Berhenti menggunakan deskripsi dari produsen


Jika anda penggila "copy paste", berhentilah sekarang.!

Pengunjung bosan jika melihat kalimat yang sama di berbagai toko online. Ini tidak baik untuk situs anda, jangan heran jika Google menghukum toko online anda karena duplikat konten.

Membuat deskripsi yang unik memiliki peranan penting untuk membedakan toko online anda dengan kompetitor. Dalam hal SEO, konten asli mendapatkan peringkat lebih baik, tentu ini akan bermanfaat untuk situs anda kedepannya.


#3.  Jelaskan manfaat produk, bukan hanya fitur.


Sebuah kesalahan umum dan menjamur. Banyak toko online menuliskan fitur produk tanpa menjelaskan manfaat apa yang didapatkan orang ketika membeli produk tersebut.

Deskripsi yang anda tulis harusnya juga mengungkapkan manfaat produk. Apa kelebihan dan kekurangannya, agar calon pembeli mendapatkan informasi lebih dari sekedar fitur.

Jika memungkinkan, tambahkan petunjuk pemakaian atau tips dalam deskripsi yang anda tuli. Atau membuat video tentang penjelasan produk secara detail. Membuat video produk dapat meningkatkan penjualan dan menurunkan jumlah return

#4.  Buat deskripsi SEO friendly


Banyaknya infomasi yang disampaikan dalam deskripsiproduk tergantung jenis produk yang anda tawarkan. Namun, anda perlu memastikan bahwa deskripsi produk menyediakan semua infomasi yang dibutuhkan calon pembeli untuk mendorong mereka melakukan pembelian.

Deskripsi produk yang efektif mencakup beberapa hal:
>  Menekankan kualitas dan nilai produk
>  Mencakup semua informasi yang dibutuhkan, seperti harga, ukuran, warna, bahan dll
>  Menuliskan informasi dengan format yang mudah dipahami
>  Tonjolkan hal yang unik dengan membuat format yang berbeda

Rangkailah kalimat dengan memasukkan kata kunci didalamnya, namun dengan kalimat yang mudah dipahami. Jangan memaksakan menggunakan keyword LSI jika pada akhirnya deskripsi anda tidak enak dibaca.

Buatlah secara natural. Ini lebih baik daripada over optimasi.

Jika anda memasukkan terlalu banyak kata kunci dalam satu paragraf, pengunjung akan mudah pergi. Karena terlihat jelas anda menulis untuk mesin pencari, bukan untuk calon pembeli.

Jika memang deskripsi yang anda sampaikan pendek, sekitar 60 - 80 kata, maksimal dua kali kata kunci disebutkan. Pastikan informasi yang disampaikan mudah dipahami.

Secara visual, deskripsi produk yang menarik setidaknya ada:
>  Paragraf pendek
>  Teks tebal atau miring
>  Poin-poin
>  Gambar
>  Tabel informasi teknik (seperti produk laptop, pc, ponsel)


#5.  Lakukan uji coba


Setelah anda memahami hal diatas, sekarang anda dapat melakukan pengujian.

Buatlah beragam deskripsi produk dengan format berbeda, sesuai dengan audiens yang anda bidik. Melakukan pengujian itu penting, untuk mengukur sejauh mana deskripsi yang anda buat dapat mempengaruhi pengunjung.

Dengan begitu, anda akan mengetahui deskripsi mana yang lebih banyak mendatangkan penjualan dan mana yang tidak ada penjualan sama sekali.

Terkadang, produk yang sama dengan deskripsi yang berbeda dapat mempengaruhi minat pembeli. Perubahan kecil memiliki dampak besar.

Sekarang giliran anda.

Apakah anda mempunyai tips khusus saat membuat deskripsi produk yang efektif? Silakan share ide-ide anda disini.

0 comments: