4 Kesalahan Dasar SEO Toko Online, Ikuti Saran Ini Untuk Memperbaiki

kesalahan seo toko online

Awalnya ingin optimasi toko online agar lebih bersahabat dengan mesin pencari, tapi justru cara yang dilakukan merupakan kesalahan SEO. Itu sering terjadi pada semua jenis situs, khususnya toko online.

Mungkin kita akan berpikir begini,

Sekedar memasukkan ratusan produk dalam toko online, dan berharap mendapatkan pengunjung banyak dengan instant. Itu memang mungkin saja bisa terjadi.

Tapi pada kenyataannya, SEO toko online jauh lebih sulit daripada situs lainnya, seperti blog contohnya. Karena strukturnya memang berbeda dengan yang lain.

Saya akan bahas beberapa kesalahan dalam optimasi toko online yang sering dilakukan.

#1. Judul Tidak Unik, Terlalu Kaku


Masalah yang sering dihadapi toko online. Terjadi duplikat tag judul.

Memang sulit untuk membuat judul yang unik, apalagi anda menjual berbagai barang dari merek yang sama, atau barang yang sama dari berbagai merek.

Pasti akan terjadi pengulangan kata kunci terus menerus, dan mesin pencari tahu akan hal ini. Fokuslah pada membuat frase kalimat yang unik.

Setiap orang yang mencari barang akan mengetik frase kalimat berbeda, ada yang umum dan ada yang lebih spesifik.

Contoh umum : “jual bola basket”
Contoh spesifik : “jual bola basket molten gf7x”

Contoh yang kedua adalah frase kata yang sering diginakan pada mesin pencari. Anda bisa menggunakan frase kata ini dalam judul. Cara ini dapat menjaring pengunjung tertarget yang memang mencari barang yang sesuai dengan yang anda jual.

Anda juga akan mengerti kata kunci apa yang biasanya mereka ketikkan pada mesin pencari, hingga akhirnya mendarat di situs anda.

Struktur kata kunci ini juga bisa anda olah dalam menuliskan deskripsi produk.


#2. Deskripsi Produk Terlalu Singkat


Saya menemukan beberapa toko online hanya menuliskan deskripsi produk yang dijual sangat singkat. Padahal menulis deskripsi produk adalah hal yang vital.

Misal toko online baju, hanya menulis jenis bahan, warna, ukuran dan harga. Entah karena malas atau hal lain, padahal itu sangat sulit undangan mengubah pengunjung menjadi pembeli, karena informasi yang diberikan sangat minim.

membuat deskripsi produk

Buatlah deskripsi produk yang dapat menyakinkan calon pembeli. Cantumkan keterangan lengkap tentang produk yang anda jual, lengkapi dengan kelebihan dan kekurangan.

Memberikan deskripsi produk yang lengkap dapat meyakinkan calon pembeli sebelum akhirnya memutuskan membeli barang tersebut di toko online anda.

Perhatikan hal ini dalam membuat deskripsi produk yang baik :

>  Hanya membuat deskripsi yang sesuai dengan produk yang anda jual untuk meyakinkan calon pembeli sebelum membuat keputusan membeli.

>  Jangan meniru dari toko online lain, atau situs anda akan kena penalti. Mesin pencari sangat mudah untuk menilai konten yang asli dan tidak.

Untuk hal ini saya bahas pada artikel cara Membuat Deskripsi Produk yang baik.

#3. Menggunakan Deskripsi Produk dari Produsen


Jika toko online anda merupakan reseller, jangan pernah menuliskan deskripsi produk yang sama dengan yang ada di situs produsen.

Hal ini akan berdampak pada situs anda kedepan. Lambat laun anda tidak lagi menemukan situs anda muncul di hasil pencarian, alias deindex.

Cara ini sering dilakukan oleh mereka yang masih pemula, atau mereka yang menginginkan cepat berhasil menjadi reseller tanpa membuat deskripsi produk yang unik.

Deskripsi yang diberikan produsen sangat mungkin digunakan di banyak toko online yang menjadi reseller seperti anda.

Hal yang harus diperhatikan adalah,

Buatlah konten unik dan berkualitas. Google telah menjadi lebih baik dalam menilai konten, dan memberikan peringkat pada konten berkualitas diatas konten yang lain.

Jangan sampai SEO yang sudah anda jalankan, dan peringkat yang sudah anda capai turun drastic karena membuat duplikat konten atau terjadi gesekan konten.

Produk boleh sama, tapi deskripsi produk harus beda. Harus ada yang membedakan toko online anda dengan yang lain.

 #3. Tidak Ada Review Produk


Sekitar 70% pembeli mencari ulasan atau review produk di forum atau toko online sebelum melakukan pembelian. Anda akan kehilangan persentase calon pembeli yang besar jika tidak mencantumkan review dari produk yang anda jual.

Selain itu, review produk sangat mudah ditemukan di hasil pencarian.

review produkreview produk
Amazon, situs e-commerce terbesar, tidak hanya untuk membeli produk. Para penggunanya juga menungkinkan untuk menuliskan review. Dengan demikian Amazon telah menciptakan sebuah komunitas yang baik dan berbagi pengalaman.

Keuntungan halaman review:

+ Menciptakan konten yang unik untuk toko online anda secara otomatis. Cara ini efektif untuk anda yang belum bisa membuat konten unik.

+ Membuat toko online anda selalu update, yang dapat membawa mesin pencari mengunjungi situs anda. Jika anda sering melakukan update, SEO juga semakin baik secara keseluruhan.

+ Menjaring pembeli loyal. Review yang pembeli tulis merupakan cara berkomukasi dengan anda sebagai pemilik toko online, yang berpotensi menjadi pelanggan setia.

#4. URL Tidak SEO Friendly


Salah dalam penulisan url mengakibatkan on-page SEO anda kacau. Perhatikan contoh ini :

www.namasitus.com/p065
www.namasitus.com/ bola-basket-molten

Tentu saja yang kedua lebih SEO Friendly daripada yang pertama. Lebih bersahabat dengan mesin pencari karena mengandung kata kunci yang dibidik.

url produk seo

Saya menemukan satu situs dengan judul produk yang sesuai dengan url. Buatlah url tersebut untuk semua produk anda. Gunakan struktur ini :

www.namasitus.com/jenis-merek-seri
atau
www.namasitus.com/jenis-merek-seri-warna

Hal ini sangat penting dalam hal SEO untuk membuat url unik dari semua produk anda. Jangan sampai ada url yang sama dengan isi berbeda dalam satu situs.

Ini alasan pentingnya menggunakan url SEO Friendly :

+ Memudahkan pengunjung memahami dengan apa yang mereka cari. URL yang panjang dan penuh kode tententu akan terlihat membingungkan seperti spam.

+ Mudah digunakan sebagai anchor text backlink. Ini akan memudahkan situs anda mendapatkan perinkat di mesin pencari.

+ URL relevan dengan halaman yang ditampilkan. Google mulai mengurangi prioritas dalam hal ini, namun meletakkan kaca kunci pada url adalah salah satu teknik SEO.


Kesimpulan

Google adalah mesin pencari yang sangat memperhatikan pengalaman penggunanya. Google menampilkan situs otoritas peringkat teratas.

Hormati pelanggan anda dengan membuat toko online yang bermanfaat lebih. Semakin lama pengunjung menghabiskan waktu untuk menjelajahi situs anda, semakin baik konversinya untuk anda.

Hindari kesalahan SEO diatas agar peringkat di mesin pencari semakin naik. Hal ini juga berpengaruh kepada kepercayaan pengunjung baru terhadap toko online anda, yang nantinya akan anda olah menjadi pelanggan setia.


Referensi : kissmetrics.com