Cara Menulis Artikel - Masalah dan Solusinya

cara membuat artikel

Artikel itu ibarat Nyawa. Blog tanpa artikel itu sama saja mempunyai toko tanpa produk. Hampa.

Artikel juga harus berkualitas, situs dengan desain super keren kalau tanpa artikel berkualitas juga sepi pengunjung.

Saya banyak belajar tentang bagaimana membuat artikel yang baik. Terlalu banyak referensi yang saya dapatkan, sampai ilmu yang saya dapatkan hilang.

Karena saya malas untuk menulis artikel.

Bahkan untuk membuat satu paragraf pun tidak bisa.

Berkualitas atau tidaknya artikel yang saya buat ini, anda yang bisa menentukan. Saya masih belajar bagaimana membuat artikel yang baik untuk pengunjung.

Banyak permasalahan yang dihadapi ketika akan menulis artikel. Saya akan share disini beserta solusinya.


#1 Bingung Menentukan Tema


Itu hal yang wajar. Terkadang kita sudah menemukan tema yang pas untuk kita tulis, tapi ternyata hanya beberapa kalimat saja yang bisa kita tulis.

Seolah-olah dalam benak kita sudah ada banyak kata-kata, tapi tidak bisa diwujudkan dalam bentuk tulisan.

Menurut referensi yang saya dapat, menulis artikel itu enaknya yang sesuai dengan bidang yang kita kuasai.

Ini yang saya lakukan,

Cari referensi.
Walaupun kita sudah menguasai bidang tertentu untuk dijadikan tema artikel, referensi itu masih diperlukan. Referensi bisa berupa blog orang lain, majalah, Koran, ebook.

Referensi ini bukan untuk di-copy seutuhnya, melainkan sebagai pedoman dan akan kita kembangkan isinya dengan artikel baru yang akan kita buat.

Cari referensi yang bisa dipercaya, setidaknya 3 buah, lebih banyak juga bagus, asalkan bisa memahami semua isinya.

Cari di Google, misal “cara membuat desain baju”
Pada halaman pertama hasil pencarian, ada 10 situs yang ditampilkan. Itu cukup sebagai referensi artikel yang akan kita buat nanti.
Kunjungi satu per satu situsnya, simpan dan pahami isinya.

Dari artikel yang kita kumpulkan tadi, kita bisa menilai mana artikel yang bagus dan artikel mana yang perlu perbaikan.

Tugas kita adalah membuat artikel baru yang lebih komplit isinya daripada artikel-artikel yang kita kumpulkan tadi. Tapi jangan sampai kita hanya meng-copy artikel tersebut kedalam artikel baru yang kita buat.

Walaupun tema artikel sama dengan situs lain, tapi artikel yang kita buat tadi jauh lebih baik dan lebih komplit isinya. Hal ini berdampak positif untuk situs kita.

Semakin baik artikel yang kita buat, pengunjung pun akan puas mengunjungi situs kita. Bukan tidak mungkin pengunjung akan balik lagi ke situs kita besok.

Pengunjung puas, search engine pun puas. Lambat laun situs kita bisa nangkring di halaman pertama Google dengan natural.

Malah artikel kita bisa menyaingi situs referensi yang kita kumpulkan dengan persaingan keyword yang sama.

#2 Sibuk dengan SEO

 

SEO itu memang menyusahkan, itu yang saya dapatkan selama ini.

Saya dulu pernah mencoba menulis artikel sesuai dengan teknik SEO yang saya dapatkan, seperti menaruh keyword utama lengkap dengan long tail keyword kedalam artikel, pengulangan keyword harus sekian persen, belum lagi membuat judul yang harus ada keyword utamanya.

Hasilnya artikel yang saya buat 90% JADI. Jadi hancur.

Tulisan yang saya dapatkan jadi tidak enak dibaca, seperti pengunaan kalimat yang tidak natural seperti dibuat-buat supaya long tail keyword bisa masuk dalam kalimat tersebut.

Saya mencoba melupakan SEO,
Saat menulis artikel, cobalah untuk menulis secara natural tanpa memperhitungkan nilai SEO. Natural itu kita menulis layaknya kita berbicara kepada orang lain, tidak keluar dari tema yang kita tentukan di awal.

Artikel yang kita buat itu untuk manusia, yang menilai juga manusia. Kalau tulisan kita tidak enak dibaca oleh manusia, membaca paragraph pertama saja pengunjung langsung kabur.


#3 Selalu ada rasa Malas

 

Sifat malas itu selalu ada, bahkan ada yang sampai menjadi kebiasaan. Itu karena tidak ada upaya untuk mengatasi malas.

Manulis artikel itu butuh ketekunan. Kadang rasa malas itu muncul ketika kita disibukkan hal lain yang lebih penting menurut kita.

Padahal kita bisa membuat setidaknya satu saja artikel dalam sehari, mulai dari memilih tema, mencari referensi sampai membuat artikel yang lebih lengkap.

Solusinya,
Masukkan dalam agenda harian anda.

Hal ini bisa membuat kebiasaan menulis menjadi prioritas, disamping kesibukan lain. Misal anda agendakan menulis itu di waktu pagi sebelum berangkat kerja, atau bisa malam ketika waktu istirahat.

Anda juga bisa memanfaatkan jam istirahat untuk mencari referensi artikel, malam hari sebelum tidur anda bisa membuat artikel.

Itu yang saya coba lakukan agar hari-hari yang saya jalani menjadi lebih produktif. Harapannya, di waktu pagi bisa update artikel segar untuk pengunjung situs.

#4 Bingung mulai darimana 

 

Saya pun begitu. Ketika mendapatkan satu tema yang pas, menurut saya, masih juga bingung mau nulis apa dulu. Padahal jelas sudah ada referensi yang dipegang.

Terkadang kita berhenti ditengah jalan, Karena disibukkan dengan meng-edit kata-kata yang salah, atau tidak enak dibaca. Akibatnya kalimat yang ada dalam pikiran kita hilang.

Untuk mengakali hal itu, saya coba mulai menulis dari apa yang ada dalam pikiran. Ikuti pikiran anda berkata apa, seperti mengalir begitu saja.

Untuk masalah edit, itu bisa dilakukan terakhir setelah artikel jadi. Anda bisa merubah kalimat yang kurang pas, ejaan yang salah atau menyusun paragraf

Ketika kita sudah merasa puas dengan artikel yang kita buat, kita akan membiasakan menulis setiap hari. Apapun itu.

Tapi puas saja belum cukup, kalau ternyata orang yang membaca artikel kita belum puas dengan apa yang kita sampaikan.

Kita masih perlu banyak belajar, untuk bisa membuat artikel berkualitas sesuai informasi yang pengunjung cari.


Setidaknya ada 3 hal mendasar yang bisa kita dapatkan dengan membuat artikel berkualitas:

1. Manfaat ganda


Artikel yang kita tulis bukan hanya untuk pembaca, kita juga mendapatkan wawasan baru dengan apa yang kita tulis.

Ketika anda membuat artikel berkualitas, pembaca akan percaya bahwa anda ahli dalam bidang tersebut. Karena pengunjung mencari sesuatu dan memang ditemukan di situs anda.

Bukan tidak mungkin pembaca akan share artikel anda dalam akun sosial media, merekomendasikan ke teman, traffic berdatangan secara otomatis tanpa membangun backlink.

Andapun akan semakin termotivasi untuk membuat artikel berkualitas yang benar-benar bermanfaat untuk pengunjung. Tapi semua butuh proses panjang yang butuh kesabaran


2. Meningkatkan penjualan


Anda punya toko online? Gunakan artikel untuk mendapatkan pengunjung tertarget.

Artikel tidak hanya dapat meningkatkan pengunjung ke toko online anda, tapi lebih kepada kepercayaan pengunjung terhadap situs anda.

Buatlah artikel yang berhubungan dengan toko online anda, misalnya anda menjual Komputer. Buat artikel tentang cara memilih keyboard atau panduan lainnya yang berhubungan dengan komputer.

Toko online yang mempunyai artikel berkualitas akan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap situs anda. Pengunjung percaya = meningkatkan penjualan.

Karena toko online anda bukan sekedar menjual barang, tapi juga memberikan manfaat lebih bagi pengunjung.

Jadwalkan artikel, seminggu sekali atau kalau anda rajin bisa terbitkan artikel harian.

Jika artikel yang anda tulis bisa membantu orang lain, dan bisa menghasilkan lebih banyak penjualan, tentu anda akan rela meluangkan waktu untuk itu kan?


3. Membangun mitra bisnis


Ada satu kisah menarik.

Teman saya pernah melakukan metode artikel untuk membangun toko online yang dia kelola. Dia hanya jadwalkan 2 artikel dalam seminggu, tidak lebih.

Artikel yang dia sampaikan sekedar tips memilih produk dan review dari produk yang dia jual. Hasilnya traffic semakin merangkak naik dan penjualan pun membaik sedikit demi sedikit.

Hal yang menarik adalah ketika toko online kebanjiran pengunjung. Ada satu pengunjung yang menghubungi bahwa dia tertarik dengan artikel yang dia buat dan menawarkan kerjasama sebagai penulis konten situs.

Disamping meningkatkan penjualan, artikel adalah cara jitu untuk mendapatkan mitra bisnis secara alami.

Image Source : Office Banner